Kamis, 03 September 2015

Cara Cek Kesehatan Melalui Kaki

Cara Cek Kesehatan Melalui Kaki. Para ahli mengatakan ternyata kaki juga bisa dijadikan tanda apakah Anda menderita masalah kesehatan atau tidak. Kaki disebut-sebut sebagai salah satu jendela yang menunjukkan apa yang sebenarnya terjadi di dalam tubuh. 

Maka dari itu, yuk lihat apa yang ingin dikatakan kaki tentang kesehatan yang Anda miliki.

1. Jempol kaki membesar

Saat jempol membesar itu bisa menjadi Anda menderita gout atau penumpukan kristal asam urat di sendi. Biasanya ini terjadi karena kelebihan berat badan, obat-obatan tertentu dan genetik. Gejala awal dimulai dengan rasa sakit, warna merah dan bengkak pada jempol kaki. Bila itu menimpa Anda segera lakukan diet rendah protein dan minum banyak air. Ingat jangan lupa untuk periksa ke dokter.

2. Kaki terasa dingin

Bisa jadi saat kaki dingin itu hipotiroidisme yang dikenal sebagai kelenjar tiroid yang kurang aktif. Namun, kaki dingin juga dapat disebabkan oleh penyakit Raynaud. Pembuluh darah kaki menjadi hipersensitif terhadap suhu, stres, dan obat-obatan. Sehingga membatasi aliran darah yang masuk membuat kaki tampak putih. Dan setelah aliran darah mengalir kembali, kaki langsung bengkak dan gatal.

Tanda-tanda umum dari hipotiroidisme adalah kelelahan, berat badan, sakit otot dan depresi. Lakukan tes fungsi tiroid dan hindari suhu ekstrim.

3. Kaki mati rasa atau terkena borok

Ketika kaki mati rasa dan muncul borok yang tak kunjung sembuh itu adalah petunjuk utama diabetes tipe 2 tidak terdiagnosis. Gejala awalnya biasanya diawali dengan kesemutan di jari-jari kaki. Jika demikian, maka Anda perlu minum antibiotik jangka panjang bila tidak, maka kemungkinan terburuknya kaki bisa diamputasi.

Cara Cek Kesehatan Melalui Kaki
4. Kuku kaki berubah bentuk

Masalah kardiovaskular, paru-paru atau pencernaan dapat menyebabkan kuku kaki berubah bentuk. Hal ini disebabkan pemotongan tingkat gen oxy darah. Oleh karena itu, bila kaki Anda sudah berubah warna dan bentuk segera periksa ke rumah sakit.

5. Jari kaki tanpa bulu

Jari kaki yang tidak ada bulunya itu bisa jadi penyakit pembuluh darah. Tidak hanya itu saja, kulit kaki juga akan terlihat mengkilap yang nampak memerah dengan kuku tebal itu bisa menjadi tanda-tanda masalah sirkulasi darah Anda. Jika tidak segera diobati bisa berakibat fatal.

6. Kuku menebal dan rapuh

Psoriasis itu tandanya kuku jadi menebal dan tiba-tiba rapuh. Kondisi kulit kronis ini disebabkan oleh sistem kekebalan terlalu aktif. Setengah pasien psioriasis pasti akan memiliki masalah kuku. Anda bisa melakukan perawatan krim steroid, terapi cahaya dan obat oral untuk mengatasinya.

7. Sendi kaki nyeri

Sendi kaki yang kaku dan nyeri di pagi hari itu bisa menjadi penyakit rheumatoid arthritis. Akan ada pembengkakan dan cairan pada sendi sedangkan jari-jari kaki akan lebih sensitif. Seiring berjalannya waktu itu bisa mengakibatkan kerusakan parah pada tulang rawan dan sendi yang berdampak pada melemaskan fungsi otot. (Sumarni/ Times of India)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar